Tuesday 6 September 2016

Jenis-jenis Lebah Madu

Lebah pasti semua sobat Serba budidaya sudah mengenalnya kan ? Lebah merupakan serangga yang sangat bermanfaat bagi mahluk hidup karena lebah ini memiliki/menghasilkan madu yang sangat bermanfaat khususnya bagi manusia, menurut para ahli Kesehatan madu ini memiliki berbagai khasiat dan kegunaan untuk manusia. Nahhh..... pada kesempatan kali ini Serba Budidaya akan sedikit mengulas tentang Jenis Lebah penghasil menghasilkan Madu.
Di Negara yang memiliki Iklim Tropis khususnya indonesia memiliki keanekaragaman Flora dan Fauna salah satunya adalah Lebah. Lebah merupakan serangga yang hidup berkoloni  yang dipimpin oleh ratu
Madu diperoleh lebah dari sari-sari bunga (Nektar) yang dikumpulkan lebah pekerja. yang kemudian dikumpulkan dalam sarang yang yang bertujuan untuk memberi makan sang ratu dan larva dari lebah tersebut.
Secara taksonomi, lebah madu ini merupakan kelas Insecta (Serangga) dari family Apidae dan genus Apis, yang dalam bahasa Inggris di sebut juga sebagai Honey Bee, di seluruh dunia terdapat 7 jenis spesies lebah madu, dan enam dari tujuh spesies lebah madu tersebut terdapat di Indonesia. Asia Tenggara dan Asia Selatan di yakini sabagai pusat penyebaran lebah madu. hanya satu spesies saja lebah yang bukan menjadi penghuni benua Asia Tenggara dan Asia Selatan.
Klasifikasi  :  Kerajaan : Animalia. Filum : Anthropoda. Kelas : Insecta. Ordo : Hymenoptera. Family : Apidae. Genus : Apis. Spesies : ..............
Ketujuh Spesies Lebah Madu tersebut yaitu :

1. Jenis-jenis Lebah Madu --- Apis Andreniformis (Black Dwarf Honey Bee)

Jenis Lebah Madu ini merupakan Spesies asli dari Asia Tropis dan Sub Tropis, termasuk China Bagian Tenggara, India, Burma, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia dan Filiphina. Di Indonesia jenis Lebah Madu ini banyak di jumpai di Pulau Jawa dan Kalimantan.

2. Jenis-jenis Lebah Madu --- Apis Cerana (Asiatic Honey Bee)

Jenis Lebah Madu ini tersebar di kawasan Asia Tenggara dan selatan dapat pula di temui di Cina, Pakistan, India, Korea, Jepang, Malaysia, NepalBangladesh, Papua Nugini, Kepulauan Solomo dan Indonesia. lebah jenis ini merupakan Spesies AsliPulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi, dan Lombok.

3. Jenis-jenis Lebah Madu --- Apis Dorsata (Lebah Madu Raksasa)

Jenis Lebah Madu yang satu ini marupakan penduduk asli Kawasan Asia Tenggara dan Selatan seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, India, Nepal. di Indonesia Jenis Lebah ini hampir di jumpai di seluruh wilayah Indonesia kecuali di Papua Nugini.

4. Jenis-jenis Lebah Madu --- Apis Koschevnikovi (Lebah Madu Merah) 

Lebah madu merah merpakan Spesies Lebah yang mendiami Wilayah Indonesia dan Malaysia, namun di daerah jawa jenis Lebah ini sudah jarang sekali di temui.

5. Jenis-jenis Lebah Madu --- Apis Nigrocincta

Jenis Lebah Madu ini hanya mendiami daerah Filipina (Kepulauan Mindanao) dan Indonesia (Kepulauan Sangihe dan Sulawesi)

6. Jenis-jenis Lebah Madu --- Apis Meliffera (Western Honey Bee)

Jenis Lebah madu yang satu ini memiliki sebaran yang sangat luas, Jenis lebah Madu ini merupakan Spesies Asli Benua Asia, Afrika, dan Eropa dan banyak sekali di budidayakan hampir di semua dunia. meskipun demikian Jenis Lebah ini juga banyak di temukan dan dibudidayakan di Indonesia Meskipun demikian  Jenis Lebah ini bukan lah Spesies Asli dari Indonesia karena merupakan hasil dari Introduksi dan Budidaya.

7. Apis Florea (Red Dwarf Honey Bee)

Jenis Lebah Madu ini merupakan satu-satu nya lebah yang tidak terdapat di Indonesia, lebah jenis ini tersebar di negara Oman, Iran dan India.

Jenis-Jenis Lebah Madu
Jika kita lihat dari pemaparan jenis-jenis lebah madu diatas ternyata 6 dari 7 Spesies Lebah madu tersebut hisup dan dibudidayakan di Indonesia bahkan 5 diantaranya merupakan Spesies Asli Indonesia 

1 comment: