Tuesday 24 February 2015

Jenis-jenis Ayam Petarung (Bangkok)

Dalam dunia Per-Unggasan (Per-Unggasan ?? Benar ga ya hehehehe...) siapa yang tidak kenal dengan unggas yang bernama Ayam ?? pasti semua orang sudah mengenal nya. Ayam ini memiliki nama Ilmiah Galus galus, dan merupakan keturunan langsung dari ayam hutan merah atau ayam bangkiwa, kemudian disilangkan dan menghasilkan berbagai jenis galur murni atau unggul dengan fungsi yang bermacam-macam. yang paling utama dari ayam ini adalah digunakan sebagai sumber makanan berupa Daging dan Telur.
Dalam Unggas yang satu ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok antara Jantan dan Betina nya, pada ayam jantan terdapat bulu hias yang sangat indah dan ekor yang panjang menjuntai serta jengger yang besar sedangkan untuk Ayam Betina memiliki tubuh yang relatif kecil dari pada Jantan berekor pendek dan tidak memiliki hias, di dunia ini terdapat banyak sekali jenis ayambaik yang dimanfaatkan daging nya telur bahkan ada juga jenis ayam yang digunakan sebagai ayam Petarung.
Pada kesempatan kaliini saya akan sedikit mengulas tentang jenis-jenis ayam petarung langsung saja ke TKP......!!!!

Jenis ayam Petarung

1. Ayam Bangkok.

Ayam Bangkok
Ayam bangkok / Thailand merupakan Ayam yang paling Populer diantara ayam Petarung lain nya karena memiliki bentuk tubuh yang sangat kokoh, besar dan memiliki bulu yang sangat khas dan indah. ayam bangkok ini memiliki gaya bertarung yang khas dan memiliki pukulan yang keras sehingga banyak sekali o
rang yang menyukai ayam Bangkok. Di indonesia Ayam bangkok pertama kali di perkenalkan di Kota tuban Jawa Timur akan tetapi tidak ada keterangan siapa yang pertama kali membawa ayam bangkok ke indonesia, bisa jadi para saudagar atau TKI ya hehehehehe.....!!!

 2. Ayam Brazilian

Ayam Brazil
Ayam Brazilian merupakan salah satu ayam petarung yang popularitas nya kian menanjak dimata para peng Hobi ayam ini sebenar nya merupakan trah dari Ayam Shamo akan tetapi dengan seiring nya waktu ayam ini mulai dikembangkan di Wilayah Amerika Selatan khusus nya Brazil. 
dari postur tubuh ayam brazil ini hampir sama dengan Ayam Bangkok yang memiliki bentuk tubuh yang besar dan kokoh, menurut para penghobi ayam ini merupakan ayam yang pantang menyerah ketika di arena pertarungan, bahkan lebih baik mati terhormat dari pada mati di sembelih. Ckckckckck ada-ada aja ya hehehehe......!!!!

3. Ayam Burma.

Ayam Burma
Ayam Burma ini merupakan ayam yang berasal dari negara Myanmar, Jenis Burma ini merupakan ayam yang sangat gesit dan lincah yang menjadikan ayam ini ketika sedang bertarung sulit untuk di tangkap oleh lawan, disamping itu ayam ini memiliki pukulan yang dilakukan tanpa mematuk lawan (Gapruk). akan tetapi kelemahan ayam ini berada pada perawakan nya yang relatif lebih kecil dibandingkan ayam petarung lain nya sehingga banyak breeder yang menyilangkan nya dengan ayam petarung yang memiliki badan yang kokoh dan besar, yang nanti diharpkan akan menghasilkan keturunan Mix (Badan Kokoh & Lincah).

4. Ayam Shamo
Ayam Shamo

Ayam Shamo Merupakan ayam yang berasal dari Jepang, ayam shamo ini memiliki  badan yang sangat atletis dibandinhkan dengan ayam aduan lainnya, tak heran klo banyak orang yang menjuluki ayam ini sebagai "Ninja Mini" yang memiliki pukulan yang tepan dan akurat, akan tetapi ayam jenis ini kurang populer di kalangan Penghobi .
 
5. Ayam Philipine.

Ayam Philipine
Sesuai dengan nama nya ayam ini berasal dari Negara Philipina ayam jenis ini memiliki badan yang ramping dan bulu yang tebal sehingga memiliki loncatan yang tinggi, ayam ini sering dipakai untuk adu sabung ayam dengan menggunakan Pisau di kakinya sehingga tidak jarang ayam lawan akan mati dalam hitungan Detik, akan tetapi ayam jenis philipine ini berukuran kecil sehingga ayam jenis ini kurang diminati oleh para penghobi di Indonesia.

6. Ayam Saigon
Ayam Saigon

Vietnam Juga tidak kalah dengan negara lain nya dengan memiliki ayam Saigo (Sigundul hehehe.... ), ayam yang satu ini dikenal karena kekuatan nya yang tahan banting yang disertai dengan Kekuatan pukulan yang lebih kencang dari ayam petarung lain nya, ayam jenis saigon ini memiliki ciri yang khas yaitu ayam ini tidak memiliki Bulu pada bagian Leher nya tidak seperti ayam lain pada umum nya. akan tetapi ketika bertarung ayam ini memiliki gerakan yang lamban sehingga memudahkan ayam lawan untuk melancarkan serangan.

 7. Ayam Siam 
Ayam Siam

Ayam Siam hampir sama dengan ayam Burma yang memiliki gaya bertarung yang khas dan cepat, ayam jenis ini dikenal pantang menyerah diarena pertarungan dengan pukulan yang keras dan Veriatif sehingga banyak orang yang membiakan ayam jenis ini atau bahkan disilangkan dengan jenis ayam petarung lainya.




demikian lah artikel saya mengenai Jenis ayam petarung, semoga bermanfaat....!!!!







0 comments:

Post a Comment